Kamis, 07 Januari 2010

GITARIS BIG BROTHER AND THE HOLDING COMPANY (JANIS JOPLIN BAND), TELAH BERPULANG

Berita agak terlambat sebetulnya, tapi well mungkin tidak apa-apa...bukankah lebik baik terlambat daripada tidak ? Ya, berita yang agak terlambat itu adalah berita tentang kematian dari JAMES GURLEY, salah seorang gitaris dari grup BIG BROTHER & THE HOLDING COMPANY, grup yang memunculkan penyanyi blues wanita ternama JANIS JOPLIN kekancah musik dunia. Pemusik ini meninggal pada tanggal 20 Desember yang lalu, 2 hari menjelang ulang tahunnya yang ke 70, karena serangan jantung. "James merupakan spirit sekaligus esensi BIG BROTHER & THE HOLDING COMPANY masa awal," ungkap Sam Andrew, penyanyi sekaligus gitaris yang merupakan tandem dari James Gurley "James merupakan orang yang paling unik yang pernah saya kenal, ia seorang pendobrak...yang kaya dengan ide-ide orisinal,"

Lahir pada tanggal 22 Desember 1939 dengan nama James Martin Gurley, ia tumbuh besar di Detroit, MI dan merupakan seorang pemusik otodidak yang terinspirasi oleh rekaman blueser LIGHTNIN' HOPKINS, selain juga terinsiprasi oleh permainan saxophone John Coltrane yang ia saksikan pertunjukannya pada tahun 1963. "Betul-betul gila mainnya" ungkapnya. "Itulah cara bermain musik, seperti orang gila," katanya lagi. James Gurley adalah merupakan salah seorang pemain BIG BROTHER & HOLDING COMPANY generasi pertama (1965), bersama Steve Adam (gitar/vcl), Pete Abin (bas) dan David Getz (drums). Tahun 1966 baru masuk Janis Joplin. Dan tahun 1968 lahirlah album Cheap Thrills. Jika kita dengar lagu "Piece Of My Heart," "Cosmic Blues" atau "Combination of Two" yang ada di album Cheap Thrills, dan di sana kita dengar permainan solo gitar yang khas, itulah permainan James Gurley.

Lagu-lagu yang disebut di atas cukup sering diputar di Blues Mara. oleh karena wajar kalau kita mengucapkan selamat jalan pada James Gurley. Terimakasih atas permainan gitarnya, pada lagu-lagu Janis Joplin yang kita sukai. ( Ket foto : Big Brother and The Holding Company, James Gurley paling kanan, belakang)


1 komentar:

arman mengatakan...

Selamat jalan James..! anda sdh ketemu Janis Joplin dialam sana... permainan gitarmu tetap kami kenang dan kami nikmati seperti kami menikmati lengkingan suara Janis Joplin yg engkau iringi dgn tarian tanganmu diatas senar gitarmu...