Selasa, 21 Juli 2009

KOLEKSI BLUES MARA KE 15: SONNY TERRY & BROWNIE MCGHEE

"Walk on ..walk on, i'm gonna keep on walking till I find my way back home." Begitulah lirik yang terdengar dari lagu "Walk On" yang dibawakan oleh Sonny Terry & Brownie McGhee yang kerap berkumandang di program Blues Mara, lewat duet permainan akustik gitar (Brownie) dan permainan harmonica Sonny Terry, yang kerap diwarnai hu u u u ..., disela permainan harmonikanya. Yang terbayang dari lagu tersebut adalah orang yang berjalan jauh, tersesat dan menyatakan tekadnya untuk untuk terus berjalan..sampai ia menemukan kembali jalan pulang ke rumah..betul-betul ngeblues !
Sonny Terry dan Brownie McGhee telah bekerja sama sejak tahun 1939 ketika mereka berdua bergabung dengan pemusik Blind Boy Fueler di Buringhton, North Carolina. Namun keduanya justru berkembang sebagai duo ketika mereka pindah ke New York. Mereka bisa memainkan musik Delta Blues pada publik yang lebih luas. Tak heran jika nama mereka juga eksis ketika musik blues menjadi populer di tahun 60 an. Sayang di tahun 70 an hubungan pribadi mereka terganggu. Keduanya mengambil jalan hidup masing-masing. Brownie McGhee hidup seperti seorang pensiunan, sedangkan Sonny Terry sempat membuat album bersama Johnny Winter. Sonny Terry meninggal pada tahun 1986 pada usia 75 tahun. Sedangkan Brownie McGhee meninggal pada tahun 1996, pada usia 80 tahun.

Di Blues Mara hanya ada satu CD dari duo ini, semacam The Best. dengan lagunya sbb.

1. I'm Stranger Here 2. Everybody's blue 3. Trouble In Mind 4. Walk On 5, Down By The River Side 6. Blues For The Lowland 7. Right On The Shore 8. Blow in The Fuse 9. Corn, Bread, Mealt & Mollases 10. Ham & Eggs 11. Lost John 12. Chain Gang The Blues 13. It Take Man 14. Barry & Durpee 15. Stackhole 16.Rock Me Mama 17. Chain Gang Special 18. Long John 19. Pick A Ball Of Cotton 20. Read River.

Jika tertarik untuk mendengarkan bisa meminta untuk diputar pada saat BLUES MARA mengudara.

Tidak ada komentar: